Mau Ganti Skincare? Ikuti tips ini!

Tidak semua skincare itu cocok di kulit wajah kita, karena skincare itu cocok-cocokan.Oleh sebab itu, bagi yang kulit wajahnya sensitif seperti saya, sangat susah mendapatkan skincare yang pas. Pas udah ketemu yang pas, setelah 3 bulan mesti cari skincare yang baru lagi karena skincare yang sebelumnya udah gak cocok lagi. Ada yang kayak gitu? ADA kok. Saya mengalaminya. Tidak mudah bagi saya menemukan skincare yang pas.

Based on true story nih. Jadi, waktu saya masih SMP wajah saya masih mulus banget, sampai suatu saat pas kelas 2 SMP tante saya nginap di rumah dan saya liat facial foam tante saya yang iming-imingnya: “mencegah datangnya jerawat”, nah jadi saya pikir kalo cuci muka pake facial foam ini pasti saya tidak akan berjerawat. Eh pas 3 hari kemudian wajah saya malah bruntusan 😔. Itulah awal wajah saya berjerawat sampai awal masuk kuliah. Saya terus-terusan beli berbagai macam facial foam yang untuk kulit berminyak dan berjerawat tapi hasilnya nihil, malahan wajah saya semakin parah jerawatnya.

Akan tetapi, saat ini udah gak lagi. Memang sih kulit saya masih sensitif, tapi kalo ganti skincare udah gak bruntusan parah lagi. Berangkat dari pengalaman pribadi saya ini, saya mau kasi tips buat kalian yang mau ganti skincare:

  1. Pilihlah produk skincare yang sesuai jenis kulit wajahmu. Kalau kulit wajahmu berminyak, pilih produk skincare yang khusus untuk wajah berminyak. Begitupun dengan kulit wajah kering, normal, kombinasi, dan cenderung berjerawat.
  2. Sebelum membeli, ada baiknya kamu search dulu di internet tentang produk skincare yang akan kamu beli. Baca review-review dari para beauty blogger. Karena itu akan membantumu untuk mempertimbangkan dan memutuskan apakah kamu akan membelinya atau mencari yang lain.
  3. Jauhi produk skincare yang mengandung Paraben Family dan SLS (Sodium Laureth Sulfate), karena kedua bahan kimia tersebut tidak aman bagi wajah. Kamu juga bisa googling bahan-bahan kimia apa saja yang tidak baik untuk kulit.
  4. Saat kamu udah mantap dengan skincare barumu, jangan terburu-buru memakainya. Misalnya: Kalau pagi hari ini kamu masih pakai facial foam yang lama, pas sore harinya kamu jangan dulu pakai facial foam barumu. Tetap pakai facial foam yang lama untuk sore dan sebelum tidur. Pas keesokan harinya, pas kamu bangun pagi mau cuci muka barulah kamu boleh pakai facial foam barumu. Nah, itu kan untuk facial foam, sekarang untuk pelembab wajah (cream wajah). Usahakan minimal 3 hari (maksimal 1 minggu) jangan dulu pakai pelembab barumu dan pelembab lamamu. Biarkan kulit wajahmu “melepaskan masa lalunya”, baru kemudian kamu boleh memakai pelembab barumu.
  5. Hal yang paling mutlak adalah pola hidup sehat. Banyak minum air mineral. Kalau haus, minum air mineral bukan soda atau jenis minuman lainnya. Konsusmi sayur yang direbus dengan bawang merah dan bawang putih serta garam dan TIDAK PERLU MEMAKAI VETSIN. Konsumsi juga buah-buahan segar.

Itulah beberapa tips kalo mau ganti skincare. Kesimpulannya, harga skincare tidak menjamin kesehatan kulit wajah. Semahal apapun skincare, kalo tidak cocok kan percuma. Dan yang paling penting, usaha merawat kulit wajah dan kulit tubuh akan sia-sia kalau yidak diseimbangkan dengan pola hidup sehat.

Kalo kamu punya pengalaman yang sama atau punya tips yang lain, kasi tau di kolom komentar yaa ☺

Leave a Reply

